DAERAH  

Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang 8 Daerah di Aceh Terendam Banjir

Avatar photo

Banda Aceh, Mjdnewsmedia.com : Intensitas hujan yang tinggi di Aceh tiga hari terakhir mengakibatkan sejumlah sungai meluap dan merendam delapan daerah di tanah rencong. Informasi yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) hingga Minggu sore (7/6), ada 33 kecamatan dan 90 desa yang terdampak banjir dari 8 kabupaten.

Masing-masing daerah yang terendam banjir adalah Kabupaten Aceh Selatan, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Aceh Singkil, Aceh Barat, Aceh Tenggara dan Kota Subulussalam.

Banjir terparah terjadi di Aceh Selatan yang sudah merendam jalan lintas nasional sehingga akses menuju karah Sumatera Utara dan sebaliknya terputus sejak pagi tadi.

Namun pada Minggu sore banjir di Aceh Selatan dilaporkan mulai surut dan jalan nasional mulai bisa dilalui kendaraan meskipun jalan masih tergenang.

Kepala BPBA Ilyas mengatakan ketinggian air di sejumlah wilayah bervariasi mulai 30 cm hingga 50 cm. Kata dia banjir tersebut juga diakibatkan meluapnya air sungai akibat intensitas hujan yang tinggi.

“Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang melanda sejumlah daerah di Aceh mengakibatkan terjadinya banjir. ketinggian air di beberapa titik berkisar rata-rata antara 30 – 50 cm,” kata Ilyas melansir cnnindonesia.com, Minggu (7/5).

Selain itu, banjir juga merusak sejumlah fasilitas seperti jembatan penghubung antara Desa Tungkop dan Kajeung di Aceh Barat, lalu badan jalan lintas Aceh Barat – Pidie juga amblas diterjang banjir.

Hingga kini BPBA masih melakukan pendataan terkait korban terdampak banjir, meskipun di sejumlah daerah air mulai surut.

Ilyas mengimbau warga tetap waspada banjir susulan, mengingat cuaca ekstrem masih terjadi di sebagian wilayah di Aceh.

“Kondisi terakhir beberapa daerah masih digenangi banjir, ada juga yang sudah surut,” kata Ilyas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *