DAERAH  

Baitul Mal Nagan Raya Salurkan Zakat Rp1,76 Miliar

Avatar photo

Nagan Raya, Mjdnewsmedia.com – Baitul Mal Nagan Raya mulai menyalurkan zakat Rp 1,765 miliar. kepada Senif Fakir dan Miskin hasil Titipan Muzakki melalui Baitul Mal setempat yang dilaksanakan selama 3 hari, mulai 11 sampai dengan 14 April 2023 ini.

Namun, pada jumat sore (7/4/2023) lalu, Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas sudah terlebih dahulu menyerahkan zakat tersebut secara simbolis kepada fakir miskin dan mualaf di momen peringatan Nuzul Qur’an yang dilaksanakan di Masjid Giok.

Untuk diketahui, Muzakki adalah orang yang dikenai kewajiban membayar zakat atas kepemilikan harta yang telah mencapai nisab dan haul.

Tahun 2023, Baitul Mal Nagan Raya menyalurkan zakat kepada 4.152 penerima yang terdiri dari fakir 2.077 penerima, Miskin penerima 2.075 dan Mualaf 38 penerima dengan total 1,765 miliar.

Adapun, lokasi penyaluran yang dilakukan pada Selasa (11/4/2023) terdiri atas Kecamatan Kuala Pesisir yang dipusatkan di Masjid Gampong Purwodadi dan Kuala Baro, Kecamatan Kuala di Masjid Ujong Fatihah dan Masjid Blang Muko serta Kecamatan Tadu Raya di Masjid Alue Bata dan Kuala Tadu. Sedangkan Kecamatan Beutong Ateuh dijadwalkan secara khusus pada Sabtu (15/4/2023).

Sementara pada Rabu (12/4) jadwal penyaluran meliputi Kecamatan Suka Makmue, Seunagan, Seunagan Timur dan Beutong. Sedangkan pada Kamis (13/4) dijadwal penyalurannya meliputi Kecamatan Darul Makmur dan Tripa Makmur.

Ketua Baitul Mal Nagan Raya, Hamidi mengatakan, bahwa Zakat dari para Muzakki yang dikelola oleh Baitul Mal Nagan Raya merupakan zakat yang terkumpul pada tahun 2022 lalu dan disalurkan di tahun 2023 ini, dengan total penerima sebanyak 4.152 orang, dimana masing-masing fakir menerima bantuan sebesar Rp 450 ribu per penerima zakat (Mustahik), miskin Rp 400 ribu per penerima dan mualaf Rp 1 juta per penerima.

Hamidi atas nama Badan Baitul Mal Kabupaten juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para Muzakki yang telah mempercayakan Baitul Mal Nagan Raya sebagai lembaga untuk mengelola zakat, infaq dan shadaqah.

“Kami ucapkan terimakasih kepada para Muzakki yang telah mempercayakan Baitul Mal Nagan Raya sebagai lembaga untuk mengelola zakat selama ini,” ungkap Hamidi yang didampingi oleh Kepala Sekretariat Baitul Mal Nagan Raya, Firdaus, MKM.

Sementara itu, Keuchik Gampong Sumber Daya, Kecamatan Tadu Raya Abdul Saleh mengucapkan terima kasih kepada Baitul Mal Nagan Raya yang telah membantu warga kurang mampu, baik fakir maupun miskin yang ada di desanya.

“Terima Kasih kepada Baitul Mal yang sudah menyalurkan zakat ini kepada warga kami, terkhususnya kepada para Muzakki yang telah mempercayakan Baitul Mal Nagan Raya untuk mengelola zakat ini dengan baik,” ungkapnya.

Masih menurut Keuchik Abdul Saleh, zakat yang disalurkan oleh Baitul Mal Nagan Raya pada hari ini sangat membantu warga kurang mampu, apalagi ini menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *