DAERAH  

Dinas Kesehatan Nagan Raya Lakukan Pembinaan Pasien TB

Avatar photo
Kadinkes Nagan Raya, Hj. Siti Zaidar. Foto. Ist

Nagan Raya, Mjdnewsmedia.com – Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melalui Dinas Kesehatan setempat, melakukan pembinaan kepada 40 Gampong peduli Tuberkulosis (TB).

Kadinkes Nagan Raya, Hj. Siti Zaidar, jum’at (14/4/2023) mengatakan, tujuan dilakukan penetapan/pembinaan 40 Gampong peduli TB ini, guna memudahkan petugas untuk memantau masyarakat yang memiliki gejala TB tersebut.

“Meskipun angka kematian TB di kabupaten rendah, namun para kader di gampong peduli TB tersebut dapat memantau masyarakat yang mempunyai gejala penyakit itu,” ujar Siti Zaidar.

Kadinkes itu berharap, jika dalam pantauan para kader ditemukan masyarakat memiliki gejala TB, untuk segera diberitahukan kepada petugas kesehatan, baik ke rumah sakit ataupun Puskesmas dalam kecamatan masing- masing.

Selain itu, Ia juga menyampaikan apabila ada masyarakat yang menderita penyakit TB ini, diharapkan dapat menjaga kesehatannya serta menjaga kesehatan orang lain, dengan memakai masker.

“Saya juga berharap, apabila ada masyarakat mengalami batuk selama 3 minggu lebih supaya dapat memeriksakan diri ke RS dan Puskesmas serta klinik, guna dapat diketahui penyakit dialaminya,” harap Zaidar.

Siti Zaidar menambahkan, Kabupaten Nagan Raya saat ini memiliki 2 alat canggih yang ditempatkan di RSUD-SIM dan Puskesmas Alue Bilie. Kedua alat canggih TB itu, merupakan bantuan Pemerintah Pusat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *