DAERAH  

Elemen Sipil di Aceh Selatan Minta Penyelenggara Pemilu Jaga Profesionalitas

Avatar photo

Aceh Selatan, Mjdnewsmedia.com – Pemungutan suara Presiden wakil Presiden, DPD, DPR-RI, DPRA dan DPRK, secara serentak telah dilaksanakan di Aceh Selatan pada Rabu (14/2/2024).

Pesta demokrasi itu dipastikan telah berjalan dengan lancar, damai dan jujur sehingga Sabtu (17/2/2024) sudah diketahui hasil dari pemilu yang dikumpul kan oleh saksi-saksi partai melalui Kertas C hasil Plano , walaupun pleno kecamatan belum dilakukan.  Rencananya pleno kecamatan akan dilaksanakan pada Minggu (18/2/2024).

Menyikapi hal itu, Ketua DPD Garda Pemuda Nasdem Aceh Selatan, Ihsan berharap agar pelaksanaan pleno kecamatan dapat terlaksana dengan baik dan lancar dengan mengedepankan azas kepemiluan secara langsung, umum, bebas, rahasia (luber), serta jujur dan adil.

“Kepada penyelenggara, KIP dan Panwaslu serta TNI-Polri kita harap dapat terlibat aktif menjaga hasil pemilu yang telah selesai dilakukan dan menjaga netralitasnya sesuai profesional dan aturan yang berlaku,” melansir dari laman LarasNews.com, Sabtu (17/2/2024).

Selain itu, lanjutnya, untuk mengantisipasi tindakan yang merusak dan mengangkangi demokrasi serta upaya pihak-pihak yang mencoba merusak hasil pemilu, kepada semua pihak ia meminta agar mengawal hasil pemilu yang telah dilaksanakan terutama bagi kandidat dan partai serta saksi untuk berperan aktif menjaga suara baik tingkatan DPRK, DPRA, DPR RI, DPD hingga Presiden.

“Jika ada pihak-pihak yang coba-coba bermain dari hasil suara yang telah di peroleh maka segera laporkan ke pihak yang berwajib atau penyelenggara pemilu,” ucapnya.

Ihsan berharap agar semua kandidat dari partai manapun untuk mengawal suara-suara yang telah diperoleh hingga KIP Aceh Selatan mengumumkan hasil Pemilu 2024, sehingga dengan demikian segala bentuk kerawanan dapat di antisipasi untuk mewujudkan Pemilu yang jujur dan adil.

” Pemungutan suara telah terlaksana dengan umum bebas dan rahasia, saatnya kita kawal semua suara tersebut agar terciptanya Pemilu yang demokratis jujur dan adil,” ajaknya.

sumber : LarasNews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *