DAERAH  

Divertifikasi Untuk Wakili Aceh, Gampong Pasi Pinang Ikut Dalam Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik

Avatar photo

Meulaboh, Mjdnewsmedia.com – Pemerintah Provinsi Aceh melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominsa ) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampang ( DPMG) telah melakukan verifikasi dan menentukan lima desa untuk mewakili propinsi Aceh pada Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023.

Kelima desa yang telah dilakukan verifikasi tersebut antara lain desa Bale Redelong Kecamatan bukit Kabupaten bener meriah, Gampong Pasi Pinang Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat, Desa Geulanggang Gampong Kecamatan Kota Juang Bireuen, Kuta Barat Kecamatan Sukakarya Kota Sabang, dan Desa Ie Meulee Kecamatan Sukakarya kota Sabang.

Penjabat Bupati Aceh Barat Drs Mahdi Efendi, mengapresiasi Diskominsa Aceh Barat yang telah melakukan pendampingan PPID Pelaksana hingga PPID Gampong untuk keterbukaan informasi publik. Hal itu disampaikannya usai mendapatkan informasi bahwa Gampong Pasi Pinang Kecamatan Meureubo berhasil masuk nominasi tingkat nasional Keterbukaan informasi Desa, di pendopo Bupati, Rabu, (30-08-2023)

Menurutnya keterbukaan informasi publik ini suatu kewajiban pemerintah untuk memberikan akses yang cukup dan mudah bagi masyarakat memperoleh informasi yang diperlukan. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat ikut serta dalam pengambilan kebijakan dan mengambil keputusan yang tepat.

Menurut laporan yang ia terima dari Kadis Kominsa, Gampong Pasi Pinang telah diusulkan melalui koordinasi bersama Dinas Kominsa Aceh dan DPMG, yang menyebutkan Gampong Pasi Pinang Kecamatan Meureubo telah memenuhi kriteria keterbukaan informasi publik tahun 2023, dimana desa tersebut dilaporkan telah memiliki komitmen, sumberdaya manusia, dokumen, partisipasi dan akses terhadap informasi publik.

Pj Bupati Mahdi juga menyebutkan tim verifikasi dari provinsi yang terdiri dari kominsa, DPMG dan KIA telah melakukan kunjungan dengan melihat langsung kondisi keterbukaan informasi publik di desa-desa tersebut.

Atas capaian ini, dirinya meminta Diskominsa Aceh Barat terus mendampingi dan mempersiapkan segala kebutuhan untuk meraih prestasi yang lebih baik, tutup Mahdi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *