DAERAH  

Geuchik Kuta Padang Ngoh Jal Bangun Solidaritas dan Kolaborasi Melalui Gotong Royong

Avatar photo

Aceh Barat, mjdnewsmedia.com – Gotong royong adalah salah satu kegiatan yang bernilai solidaritas tinggi yang telah melekat erat sebagai budaya bagi Masyarakat Indonesia, yang mencerminkan semangat kerjasama, saling membantu, guna membangun sinergritas antara sesama.

Peran penting Gotong Royong adalah suatu kekuatan yang ampuh menjalin silaturahmi guna menyatukan energi dalam membangun nilai – nilai penting untuk menghadirkan kesejahteraan di tengah-tengah Masyarakat.

Seperti halnya yang diterapkan di Gampong Kuta Padang, Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh barat dalam mencapai tujuan bersama Warga membangun konsep Pekan Gotong Royong Gampong Kuta Padang yang telah berlangsung selama 76 pekan.

Keuchik Gampong Kuta Padang Syafrizal yang didampingi ketua TP-PKK, Yusmanidar, menyebutkan, Masyarakat yang menjalani gotong royong memiliki semangat untuk berbagi sumber daya dan upaya untuk mendukung pogram lingkungan bersih nyaman dan sehat.

“Prinsip gotong royong ini dapat menghubungkan masyarakat satu sama lain dengan cara yang mendalam, yang dapat menciptakan jaringan sosial yang kuat di mana individu dapat mengandalkan bantuan dan dukungan dari anggota masyarakat lainnya, kemudian juga Ini membantu menciptakan rasa kebersamaan dan persatuan yang kuat”Ungkap Syafrizal.

Sementara itu pada hakikatnya lanjut Syafrizal, Gotong Royong mampu mendorong inovasi dan pembangunan lokal, Ketika masyarakat bekerja bersama, mereka dapat mengatasi berbagai masalah dan mencapai tujuan yang lebih besar.

” Gotong royong telah menjadi dasar dalam banyak proyek pembangunan lokal di Indonesia, seperti pembangunan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi, dan pelestarian lingkungan”Pungkasnya.

Menurutnya bahwa Yang menjadi dasar penting yang hendaknya dupahami bersama adalah bahwa gotong royong adalah nilai budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi.

“Oleh karena itu ia memainkan peran penting dalam menjaga keberlanjutan budaya, Melalui gotong royong, tradisi dan nilai-nilai budaya dipertahankan dan dapat dipromosikan, Kemudian hal hebat yang tercermin dalam budaya gotong royong adalah nilai yang diajarkan mampu mendorong individu untuk mengenali tanggung jawab bersama terhadap masyarakat” Terangnya.

Dikatakan juga, hal tersebut dapat menciptakan rasa kepemilikan yang begitu erat terhadap masalah dan tantangan yang dihadapi masyarakat, dan memotivasi tindakan positif untuk perubahan. Akan tetapi penting untuk diingat bahwa nilai gotong royong dapat diuji oleh berbagai tantangan, termasuk urbanisasi, perubahan sosial, dan tren globalisasi”

Oleh karena itu, menurut nya dalam menjaga nilai tersebut yang relevan dalam masyarakat yang terus berubah adalah tantangan yang perlu dihadapi. Dalam rangka memperkuat bergotong royong dalam masyarakat, maka juga perlu diterapkan upaya pendidikan, promosi kesadaran, dan dukungan dari pemerintah dan organisasi masyarakat.

“Dengan memahami dan merayakan gotong royong, seperti yang diarahkan oleh Pj Bupati Aceh Barat bapak Mahdi Efendi, kita dapat menciptakan masyarakat yang lebih kuat, lebih berdaya, dan lebih berkeadilan. Gotong royong adalah kunci kekayaan budaya dan kemakmuran sosial Indonesia yang terus berkembang”demikian tutup Syafrizal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *