DAERAH  

Gubernur Aceh Dijadwal Hadir Ke Meulaboh Buka Ekspo UMKM

Avatar photo

Meulaboh, Mjdnewsmedia.com – PJ Gubernur Aceh Achmad Marzuki dijadwalkan membuka langsung pameran dan ekspo produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Se – Aceh yang digelar tanggal 20-22 Agustus 2023 di halaman Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

“Pameran atau expo UMKM se Aceh ini rencananya dibuka langsung oleh Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki pada Minggu, 20 Agustus 2023,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Azhari, S.Ag, M.Si, dalam keterangan tertulisnya diterima wartawan di Meulaboh, Sabtu (19/8/2023).

Pada ekspo tersebut, seluruh stand kabupaten/ kota di lokasi kegiatan memamerkan produk unggulan yang ada di daerah mereka, sehingga dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat.

Menurut Azhari, pameran produk UMKM salah satunya untuk meningkatkan daya saing, baik ditingkat lokal (menjadi tuan rumah di daerah sendiri), nasional bahkan mancanegara.

“Selain itu upaya ini juga sebagai media promosi Scale Up UMKM agar lebih dikenal luas oleh masyarakat, sebagai Media Edukasi, Promosi dan Transaksi Produk UMKM dan dukungan nyata dalam menggenjot kunjungan wisatawan,” sebut Azhari.

Pada kegiatan ini juga nantinya akan dilakukan penyerahan penghargaan untuk koperasi berprestasi, penyerahan bantuan peralatan kerja kepada pelaku UMKM kuliner, sertifikat halal dan penyerahan KUR kepada UMKM dari Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Bank Aceh Syariah (BAS). Seluruh booth/tenant pameran hari UMKM juga akan dinilai oleh tim juri.

“Indikator penilaian yang akan dilombakan yaitu dekorasi, kerapian dan kebersihan, penjualan, kreatifitas, dan persentasi produk yang dipresentasikan oleh peserta pameran kepada tim penilai, booth stand terbaik akan di umumkan pada closing ceremony acara,” ujar Azhari.

Beriringan dengan pelaksanaan kegiatan, juga diadakan demo proses produksi kerajinan tangan selama kegiatan berlangsung yang bakal menarik minat antusiasme pengunjung expo untuk melihat proses produksi produk handicraft kriya yang ada di Provinsi Aceh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *