DAERAH  

Kenduri Jeurat, Tradisi Doa Bersama di Pemakaman Saat Lebaran

Avatar photo

Nagan Raya, Mjdnewsmedia.com – Kenduri Jeurat atau doa bersama di area pemakaman merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Aceh secara turun-temurun. Biasanya, kegiatan ini dilaksanakan pada saat lebaran, baik Idul Fitri maupun Idul Adha, sesuai kesepakatan bersama. Seperti halnya yang diadakan warga Gampong Kuta Teungoh, Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya. Sabtu (13/4/2024).

“Kalau di sini biasanya keunduri jeurat itu diadakan mulai pada 5 hari setelah Lebaran” Kata Banta Muriji warga setempat

Disampaikannya, kegiatan tersebut tujuannya untuk berziarah dan doa bersama di area makam anggota keluarga yang telah berpulang ke rahmatullah.

Selain dihadiri oleh masyarakat setempat, kegiatan kali ini juga dihadiri oleh warga yang sedang pulang kampung atau mudik dari luar daerah.

Untuk berziarah warga juga membawa bekal berupa kue, nasi dan beragam jenis masakan dari lauk-pauk hingga kuah beulangong yang akan disantap setelah melaksanakan doa bersama.

“Tradisi kenduri jeurat ini kami adakan secara rutin tiap tahun pada libur hari raya. tergantung kesepakan di TPU, ada yang setelah hari raya idul Fitri, ada juga yang diadakan setelah idul adha” ucapnya

Selain di Kabupaten Nagan Raya, tradisi kenduri jeurat ini juga masih dilestarikan di berbagai kabupaten lainnya di Provinsi Aceh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *