DAERAH  

Masuk Ruas Nasional, Lintas RGM  Akan Ditangani Dengan APBN Sebesar Rp 35 M

Avatar photo
Foto Ruas Jalan Ruas jalan RGM . Doc PUPR Aceh Barat

Meulaboh, Mjdnewsmedia.com – Menanggapi keluhan masyarakat Kecamatan Meurabo, Aceh Barat, yang meminta Pemerintah Aceh Barat agar serius memperbaiki akses jalan PT RGM yang merupakan jalur menuju Terminal Tipe A di Kecamatan Mereubo yang rusak parah, Kadis PUPR Aceh Barat Kurdi menyebutkan, Ruas jalan RGM tahun 2023 sudah menjadi ruas jalan Nasional  sesuai kepeutusan Menteri PUPR No: 430/KPTS/M/2022 tentang penetapan ruas jalan dalam jaringan jalan primer menurut fungsinya sebagai jalan arteri primer  dan jalan kolektor primer.

“Ruas jalan RGM tahun 2023 sudah menjadi ruas jalan Nasional (awalnya ruas jalan Kabupaten) sesuai kepeutusan Menteri PUPR No: 430/KPTS/M/2022 tentang penetapan ruas jalan dalam jaringan jalan primer menurut fungsinya sebagai jalan arteri primer  dan jalan kolektor primer (SK terlampir).”Ungkap Kurdi kepada media Rabu,(5/4/2023).

SK JALAN NASIONAL 2022

Jelas Kurdi, Pada 1 km pertama pada ruas jalan ini terdapat Terminal tipe A dan jalan ini direncanakan penanganan jalan melalui Inpres no 3 tahun 2023 tentang peningkatan konektifitas jalan daerah.

“dalam salinan Inpres no.3 Tahun 2023 disebutkan, Dalam rangka percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah untuk memberikan manfaat maksimal dalam mendorong perekonomian nasional maupun daerah, menurunkan biaya logistik nasional, menghubungkan dan mengintegrasikan dengan sentra-sentra ekonomi, dan membantu pemerataan kondisi jalan yang mantap, sebagai upaya mendukung pencapaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2O2O-2O24.”Tegas Kurdi.

Saat ini, Tambah Kurdi, jalan RGM atau jalan Meureubo Reudup akan ditangani dengan dana APBN melalui Inpres dengan usulan pagu sebesar Rp 35 M dengan panjang penanganan kurang lebih 10 KM.

Project Digest Kab Aceh Barat

“Jalan RGM atau jalan Meureubo Reudup akan ditangani dengan dana APBN melalui Inpres dengan usulan pagu sebesar Rp 35 M ditahun 2023 ini, dengan panjang penanganan kurang lebih 10 KM . Jadi semua itu butuh proses semuanya sudah kita perhatikan untuk pembangunan jalan. Insyallah step by step seluruh ruas di Aceh Barat akan ditangani.”Imbuhnya.

“Usulan ini saat ini mejadi usulan prioritas 1 dari Balai Pelaksana Jalan Nasional Aceh (BPJN Aceh) sesuai dengan surat Bupati Ke kementerian. semoga pendanaan penanganan jalan ini melalui inpres dengan pagu 35 M segera dapat ditangani dalam tahun ini.”tutup Kurdi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *