DAERAH  

Panwaslu Aceh Barat Lakukan Penguatan Panwascam

Avatar photo

Aceh Barat, Mjdnewsmedia.com – Panwaslu Aceh Barat terus berupaya melakukan penguatan dan pembekalan/sosialisasi di tingkat panwascam kecamatan dan sentra penegakan hukum terpadu Gakkumdu yang tergabung dari unsur Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan yang telah di bentuk bertempat di aula Hotel Eva Sky, Senin (07/08/2023).

Divisi Penanganan Pelanggaran Penyelesaian Sengketa Komisioner Bawaslu Aceh Barat Romi Juliansyah, SE,M.Si mengatakan dengan adanya penguatan pembekalan tersebut akan meningkatkan pemahaman petugas Panwascam di masing masing kecamatan.

“Dengan adanya kegiatan ini kita harapkan para petugas panwascam dapat mengetahui alur/mekanisme, proses aduan apabila menemukan pelanggaran pemilu serta pengumpulan bukti – bukti data pelanggaran yang terjadi pada tahapan tahapan menjelang pemilu” kata Romi Juliansyah, Senin (7/8/2023).

Menurut Romi pelanggaran bisa saja terjadi di tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten/kota, sehingga pihak Panwascam Kecamatan langsung melaporkan ke Panwaslu kabupaten pada sentra Gakkumdu.

Panwaslu Aceh Barat juga melakukan sosialisasi ke unsur muspika kecamatan tentang alur pelaporan aduan pelanggaran pemilu, sehingga terciptanya S.O.P mekanisme jalur laporan aduan itu dengan baik dan benar sehingga dapat di lakukan proses sesuai aturan ketentuan undang undang yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *