DAERAH  

Pj. Bupati Fitriany Farhas Perintah DLH Selidiki Matinya Ribuan Ikan di DAS Beutong Ateuh Banggala

Avatar photo

Nagan Raya, Mjdnewsmedia.com – Pj. Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menyelidiki kasus matinya ratusan ikan di aliran Sungai Kecamatan Beutong Kabupaten setempat, Selasa (25/4/2023).

“Saya telah meminta kepada DLH untuk menyelidiki penyebab kematian ikan di Sungai Kecamatan Beutong Ateuh Banggala. Perlu dicari fakta apakah matinya disebabkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab atau ada penyebab lainnya. Sebelumnya saya mendapat laporan dari warga bahwa ada ribuan ikan yang mati di Sungai itu. Tapi harus dicari masalah yang sesungguhnya karena apa, baru nanti kita ambil tindakan.,” kata Fitriany Farhas kepada Mjdnewsmedia.com, Rabu (26/4/2023).

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Nagan Raya Teuku Zeddy mengungkapkan, sejauh ini setelah menerima intruksi dari Pj. Bupati Nagan Raya, pihaknya langsung turun ke lapangan guna mengambil sampel air di irigasi Beutong dan Kecamatan Seunagan Timur.

“Setelah menerima intruksi dari Ibu Fitriany Farhas, kita bersama tim langsung turun ke lokasi pada hari Selasa (25/4/2023), untuk mengecek dan mengambil sampel air dua lokasi itu.”tambahnya.

Baca Juga : Kematian Ribuan Ekor Ikan Di Sungai Beutong Masih Misterius

Ungkapnya, setelah sampel diambil pihaknya langsung mengirimkan ke Banda Aceh guna mengecek untuk nantinya akan diketahui penyebab ribuan ikan yang mati di aliran sungai itu.

“Sampel air sudah kita ambil dan langsung kita kirim ke lab untuk dicek, hasilnya akan keluar paling cepat selama 28 hari kedepan. Kalau sudah keluar nanti hasil labnya akan kita informasikan kembali.”Imbuhnya.

Pengambilan sampel air irigasi beutong oleh DLH Nagan Raya, Selasa (25/4/2023). Ist

Pihaknya juga meminta agar masyarakat untuk tidak menggunakan air yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) tersebut untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita minta kepada warga untuk tidak menggunakan air sungai untuk mencuci,konsumsi dan mandi yang berada di DAS tersebut guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan”tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *