DAERAH  

PLT IPMJ Banda Aceh Di Nilai Cacat Admistrasi dan Tidak Sah Secara Kelembagaan

Avatar photo

Meulaboh, Mjdnewsmedia.com – Berita yang beredar diberbagai media massa online pada 17 Juni 2023 tentang penunjukkan PLT Ketua Ikatan Mahasiswa Johan Pahlawan (IPMJ) Banda Aceh kepada Said Farhan di anggap Tidak Sah dan Cacat secara admistrasi organisasi, Selasa (27/06/2023).

Ketua yang terpilih pada MUBES ke XV pada tahun 2021 di Aula BAPPEDA Aceh Barat secara sah (Defa Poenna Diwa) mengatakan penunjukan Said Farhan PLT Ketua Ikatan Mahasiswa Johan Pahlawan (IPMJ) Banda Aceh adalah illegal serta cacat admistrasi dan tidak sah. Mengingat tidak ada satupun pertemuan resmi yang dilakukan oleh internal IPMJ Banda Aceh untuk membahas terkait dengan penujukan tersebut.

“Belum ada rapat resmi dan musyawarah terkait pergantian saya sebagai ketua dan penunjukan saudara Said Farhan sebagai PLT IPMJ untuk mengakhiri masa kepengurusan ini”, ujar Defa Poenna Diwa.

Anhilman Arrafi selaku Dewan Pertimbangan IPMJ yang juga Ketua IPMJ Periode 2018-2021 mengatakan bahwa sampai hari ini tidak ada pertemuan terkait penunjukkan PLT Ketua IPMJ ini.

“Saya mewakili Dewan Pertimbangan Ikatan Pelajar Mahasiswa Johan Pahlawan (IPMJ) Banda Aceh merasa tidak ada pertemuan yang seharusnya kami dilibatkan dalam hal pengambilan keputusan ini”. Ujar Ilman.

Ilman juga menambahkan penunjukkan PLT Ketua tersebut jika dilihat dari prosedur organisasi adalah cacat secara admistrasi.

“Kami juga melihat adanya kejanggalan dan kepentingan oknum individu dalam hal pemberhentian ketua umum saat ini, maka dari itu hal-hal yang bersifat dapat menimbulkan perpecahan harus sama-sama kita hentikan karena kita mempunyai aturan organisasi yang di atur dalam AD/ART organisasi IPMJ itu sendiri, terakhir yang saya ingin katakana IPMJ milik kita bersama”. Tutup Ilman.

Defa juga mengatakan sangat jelas penunjukan ini tidak sah dan cacat secara admistrasi organisasi karena penunjukkan dirinya sebagai PLT Ketua IPMJ secara sepihak bukan secara organisasi yang notabene musyawarah adalah kunci dari penyelesaian masalah dalam sebuah organisasi.

“PLT ini adalah ilegal, jelas illegal. Saya dan pengurus lainnya tidak tau menau terkait penunjukkan Said Farhan sebagai PLT Ketua IPMJ dan saya adalah ketua yang sah”, sambung pria yang akrab disapa Defa.

Perihal Said Farhan yang di SK an oleh Camat Johan Pahlawan pada Sabtu, 16 Juni 2023 juga sudah dibatalkan oleh Camat Johan Pahlawan, Yulisman Yahya. Pada surat yang dikeluarkan oleh Sekretariat Camat Johan Pahlawan tanggal 22 Juni 2023 yang ditanda tangan langsung oleh Camat Johan Pahlawan perihal “Pembatalan Susunan SK IPMJ terbaru Tahun 2021-2023”, pihak Kecamatan menarik dan membatalkan surat keputusan Susunan Pengurus IPMJ tahun 2021-2023 dan surat yang dikeluarkan pada tanggal 16 Juni 2023 tersebut tidak sah secara hukum dan tidak adanya kesepakatan bersama.

Terakhir Defa mengatakan kepada Said Farhan untuk segera mengklarifikasi dan menarik kembali tentang pengakuan dirinya sebagai PLT Ketua IPMJ dan mengembalikan nama baik organisasi karena surat pembatalan SK yang dikeluarkan oleh Camat Johan Pahlawan ada pada Defa untuk kemudian akan dilakukan hal-hal yang dianggap perlu untuk menyelesaikan persoalan ini.

“Jika kami tidak bisa menjaga dan membesarkan organisasi, maka kami tidak merusak organisasi.” tutup Defa dengan tegas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *