DAERAH  

Sejumlah Kecamatan Di Aceh Jaya Terendam Banjir, 1.487 Jiwa Terdampak

Avatar photo

Aceh Jaya, Mjdnewsmedia.com – Akibat curah hujan yang begitu tinggi, Sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya dilanda banjir sejak Sabtu (6/5/2023).

Banjir yang melanda Aceh Jaya disebabkan oleh meluapnya Krueng Masen dan tersumbatnya saluran drainase dibeberapa titik lokasi.

“Kecamatan yang dilanda banjir di Aceh Jaya meliputi, Darul Hikmah, Indra Jaya, Pasie Raya, Teunom, Setia Bakti, Sampoiniet dengan jumlah terdampak sementara mencapai 1.487 jiwa.”Ujar Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya Fajri kepada media, Minggu (7/5/2023).

Ungkap Fajri, adapun dampak dari banjir tersebut membuat aktivitas masyarakat terganggu dan sulitnya untuk melalui akses transportasi.

“karena jalan tersebut merupakan jalan akses masyarakat untuk melakukan aktivitas. Di samping itu angin kencang juga telah menumbangkan beberapa pohon kayu yang merusakkan atap rumah warga.” Jelasnya.

Tambah Fajri, Untuk perumahan yang terkena angin kencang berada di Kecamatan Teunom dan Krueng Sabee.

“Lokasi terdampak, Kec. Krueng Sabee Gampong Sentosa satu unit rumah penduduk dan Kec. Teunom Gampong Pasie Geulima satu unit rumah penduduk.”tuturnya.

Kondisi Mutakhir ungkap Fajri, ketinggian air rata-rata mencapai 10 s.d 100 cm. Untuk sementara debit air sebagian belum surut namun tidak menutup kemungkinan apabila hujan terus-menerus hingga esok hari akan terjadi banjir besar.

“Kita minta warga tetap waspada terhadap banjir susulan apabila hujan turun kembali.”Tegasnya.

Sejauh ini upaya yang dilakukan oleh pihaknya ucap Fajri,akan terus memantau kondisi terkini lapangan dan menyebarkan informasi peringatan (curah hujan, tinggi muka air) dan potensi risiko (wilayah genangan), melakukan koordinasi dengan stakeholder dalam mobilisasi tim siaga bencana dan sumberdaya.

“Mengerahkan TRC guna Kaji Cepat pada titik rawan banjir, melakukan koordinasi dengan pihak terkait, Assessment/kaji cepat di lokasi Dan Pendataan, dokumentasi dan pelaporan.”tutupnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *