DAERAH  

Terapkan Pola 10 Juz Setiap Malam Sholat Taraweh, Pondok MBI Khatamkan 30 Juz Alquran

Avatar photo

Meulaboh, Mjdnewsmedia.com – Dibulan Suci Ramadan 1444 Hijriah atau 2023 Masehi, Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Quran Majelis Belajar Iqra (MBI), Gampong Drien Rampak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, menerapkan pola salat tarawih 10 juz satu malam, dengan target dalam satu malam tuntas mengkhatam Al-quran dalam melaksanakan ibadah.

“Di bulan Suci Ramadan tahun lalu dalam semalam tarawih 5 juz, dan tahun ini menjadi 10 juz dalam semalam dan nantinya akan terus tingkatkan menjadi 30 juz dalam satu malam di tahun berikut nya,” kata Gusti Salah seorang guru di Ponpes Tahfidz Quran MBI kepada media, Sabtu (8/4/2023).

Tambah Gusty, program itu dilangsungkan selama Ramadan agar suasana di pondok pesantren semakin hidup. Hal ini juga sama seperti tahun sebelumnya dalam satu malam ibadah tarawih menuntaskan bacaan 5 juz.

Dikatakannya, Ponpes Pimpinan Ustadz Abdullah Akib UAA) itu menggilir para santri menjadi imam, yang sudah menghafal 10 juz kitab suci Al-Quran.

“Tujuannya yaitu agar para murid bisa lebih mengasah kemampuan hafalan mereka.”Jelas Gusty

Program ini dilakukan untuk mengasah kemampuan hafalan santri tahfidz MBI dan membentuk karakter seorang santri menjadi imam tarawih.

“Dimana para imam ialah santri yang sudah ditugaskan oleh UAA menjadi imam, yang sudah ditentukan ialah santri-santri yang sudah hafalan 10 juz ke atas dan di gilir menjadi imam setiap malam nya” jelas Gusti.

Saat ini di Ponpes Tahfidz Quran MBI terdapat 48 orang santri yang sedang menjalani pendidikan menghafal Al Quran dan penyempurnaan bacaan sesuai dengan tajwid. Kemampuan hafalan mereka saat ini cukup bervariasi, berkisar 5, 10 sampai 30 juz.

Berikut nama nama imam taraweh di MBI :

Abiyyu Hidyatullah Haddin ( Nagan raya )
Aidul Fitrah ( Meulaboh )
Muntazar Al-Zaidi ( Pidie )
Muhammad Yusuf ( Medan )
Deni Amita ( Nagan Raya )
Ahmad Elkas Abdi Pangestu ( Meulaboh )
Hafidz Abdurahman ( Meulaboh )
Bayu Pratama Firman ( Meulaboh )
Tengku Muhammad Hisyam ( Nagan Raya )
Muhammadan Shahab ( Aceh Tenggara )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *